Bijak menggunaan kantong PLASTIK

Standar

Ketika saya baca di berbagai media dan blog bahwa dampak penggunaan plastik sangat berpengaruh besar pada lingkungan dan kesehatan, tentunya saya senang karena keinginan saya untuk berbagi tentang bahaya plastik jadi lebih percaya diri dengan adanya berbagai referensi ini.

Pada tulisan saya terdahulu Belanja tanpa kantong plastik saya pernah menguraikan pengalaman bagaimana tantangan melihat tanggapan sekeliling  ketika saya selalu membawa kantong belanja dari rumah, banyak yang melihat hal ini sesuatu yang aneh. but its ok. karena kalo bukan kita siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan kita.

Plastik rasanya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari dari hanya sekedar untuk tempat ‘gorengan’ sampai tempat makan, alat tulis dan masih banyak yang lainnya, ditambah lagi dengan harganya yang relatif murah terutama ‘kantong kresek’ yang kadang kalo kita ke pasar setiap 1 jenis belanjaan 1 kantong kresek, padahal sebenarnya bisa disatukan dalm satu tempat, ya.. mau gimana lagi ribet katanya..

menurut sebuah  sumber bahwa Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang.

Konsumsi berlebih terhadap plastik, pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena bukan berasal dari senyawa biologis, plastik memiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable). Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan palstik berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

berikut informasi tentang jenis-jenis plastik. smart_plastics_guide

plastic

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s